-->

Senin, 25 Mei 2009

Mencegah Sakit Ketika Haid..




Sebagian dari kita seringkali mengeluh nyeri, kram dan pegal-pegal menjelang atau selama haid. Kedengarannya biasa dan dapat dimaklumi, karena sedang datang bulan. Tapi jika sudah mengganggu aktifitas, sebaiknya segera bertindak untuk mencegahnya.
Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari sakit bulanan:


Rajinlah selalu minum susu berkasium tinggi, setiap harinya. Sebaiknya Anda mengkonsumsi kalsium berbentuk suplemen, tidak setiap hari tetapi secara kontinyu.

Minumlah obat penghilang rasa sakit semalam sebelum hari haid pertama.

Lakukan olah raga teratur. Jika Anda rajin berolah raga aliran darah pada otot sekitar rahim akan lancar sehingga dapat meredakan rasa nyeri.

Lakukan 'stretching anti nyeri haid' paling tidak 5 hari sebelum haid datang atau setiap hari agar manfaatnya lebih terasa.
Caranya;
-pertama lakukan pemanasan ringan dengan berlari-lari di tempat, lalu tarik dan hembuskan napas perlahan. Setelah menarik dan menghembuskan napas lemaskan otot tangan, kaki, pinggang dan leher.
-Setelah pemanasan, baringkan badan (terlentang) di atas matras atau karpet dengan kedua tangan di samping badan. Rapatkan kedua kaki lalu angkat perlahan sampai membentuk sudut 90 derajat dan tahan dalam beberapa detik. Lalu luruskan kedua kaki ke arah muka, tahan beberapa detik kemudian lepaskan. Ulangi gerakan ini sampai 4 kali.
-Kemudian baringkan badan (terlentang) dengan kedua tangan lurus di samping kepala. Angkat kedua kaki dengan posisi lurus bersamaan dengan badan sampai membentuk sudut 120 derajat. Lalu, raihlah lutut dengan kedua tangan, tahan posisi ini sampai beberapa detik. Naikkan lagi kedua kaki hingga jarak perut dan kaki semakin dekat kemudian tahan dan kembali lakukan sikap semula. Lakukan gerakan ini sampai 4 kali.
Alternatif lainnya untuk menghindari nyeri haid adalah dengan berendam di dalam air hangat yang telah dicampur dengan bubuk garam mandi atau beberapa tetes essential oil dari bunga lavender yang bisa membuat tubuh merasa rileks.
Namun, jika nyeri haid tak kunjung reda, sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter kandungan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.
Wallahualam..




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar